Home > Info Otomotif > 10 Merek Terlaris di Indonesia sampai Maret 2011

10 Merek Terlaris di Indonesia sampai Maret 2011


JAKARTA, KOMPAS.com — Berdasarkan data terakhir penjualan mobil yang diterima Kompas.comkemarin, posisi 10 besar merek di Indonesia tidak mengalami perubahan. Posisi paling atas tetap dipegang oleh Toyota. Pada kuartal pertama 2011, Toyota sudah menikmati 38,7 persen pangsa pasar Indonesia untuk kendaraan penumpang dan komersial.

Kejar-kejaran
Sementara itu, merek lain saling kejar. Posisi ke-2 dan ke-3 kini diperebutkan oleh Daihatsu dan Mitsubishi. Penjualan ritel kedua merek berbeda sangat tipis, yaitu hanya 26 unit. Adapun untuk penjualan menyeluruh atau wholesale (WS), Mitsubishi unggul 1.494 unit pada kuartal pertama ini (Daihatsu 32.734 unit, Mitsubishi 34.227 unit).

Suzuki yang sebelumnya sempat dikejar Honda kini kokoh di posisi ke-4. Sementara itu, Honda justru digeser oleh Nissan yang mulai mengandalkan produk March. Penjualan March memang sangat baik dengan angka di atas 1.000 unit per bulan selama 2011. Kendati demikian, tampaknya penjualan kendaraan kecil ini juga mengalami penurunan pada Januari-Maret 2011.

Merek lain yang juga saling mengejar adalah Isuzu dan Hino. Kedua merek ini lebih banyak mengandalkan kendaraan komersial, terutama Hino. Adapun Isuzu masih mengandalkan minibus Panther.

Mazda dan Ford
Yang juga cukup menarik adalah penjualan Mazda. Produsen asal Hiroshima itu kini berhasil menduduki posisi 10 besar dengan menyisihkan Hyundai, Chevrolet, dan Kia. Mazda sukses dengan produknya, Mazda2. Sementara itu, Ford juga makin berkibar dengan Fiesta, yang terus memperlihatkan tren kenaikan penjualan.

Merek-merek yang mengalami kenaikan penjualan ritel besar selama Maret (dibandingkan Febaruari 2011) adalah Toyota, Mitsubishi, Suzuki, Nissan, Ford, Kia, dan Mercedes-Benz. Sementara itu, merek yang mengalami penurunan penjualan dari bulan sebelumnya adalah Chevrolet.

Total ritel
Total penjualan ritel mobil, baik untuk kendaraan penumpang maupun komersial, untuk kuartal pertama sudah mencapai 218.728 unit. Untuk Maret saja, penjualan mencapai 82.902 unit. Kenaikan ini mencapai 25,7 persen jika dibandingkan dengan penjualan bulan sebelumnya atau Februari 2011. Komposisinya, mobil penumpang 151.886 unit atau 69,4 persen dan mobil komersial 66.842 unit atau 30,6 persen.

Penjualan ritel untuk kendaraan komersial naik cukup tinggi, 36,1 pesen, yaitu dari 19.702 unit menjadi 25.974 unit. Sementara itu, penjualan ritel kendaraan penumpang naik 23,1 persen dari 46.237 unit menjadi 56.928 unit.

Untuk total WS, penjualan kendaraan penumpang dan komersial sudah mencapai 225.413 unit dengan komposisi kendaraan komersial 69.243 unit dan kendaraan penumpang 156.170 unit.

Penjualan unit secara ritel pada 16 merek pada kuartal-I 2011

Pos. Merek Januari Februari Maret Total 2011
1.
Toyota
26.355 25.560 32.943 84.858
2.
Daihatsu
11.008 10.018 11.168 32.194
3.
Mitsubishi
10.694 9.196 12.278 32.168
4.
Suzuki
6.253 5.722 7.626 19.601
5.
Nissan
4.131 3.951 4.847 12.929
6.
Honda
4.027 4.044 4.505 12.576
7.
Isuzu
1.937 1.951 2.742 6.630
8.
Hino
2.292 1.848 2.389 6.529
9.
Ford
882 922 1.333 3.137
10.
Mazda
505 560 591 1.656
11.
Hyundai
334 454 461 1.249
12.
Chevrolet
356 476 347 1.179
13.
Kia
174 302 554 1.030
14.
Mercedes
273 285 392 950
15.
Nissan UD
237 230 230 697
16.
BMW
91 100 130 321

Sumber data: anggota Gaikindo


  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: